[TUT] Cara Melakukan Custom Rom Yang Benar

Wednesday, June 18, 2014



[TUT] Cara Melakukan Custom Rom Yang Benar


heryan blog - Selamat pagi para opreker robot ijo :D. Salam hangat! Pagi ini saya mau berbagai bagaimana melakukan penginstallan custom rom dengan baik dan benar. Cara ini bisa diterapkan di mayoritas ponsel Android. Tutorial ini saya buat karena melihat banyak para opreker yang salah dalam melakukan proses ini. Oke langsung simak saja caranya dibawah ini.


Alat dan Bahan-bahan yang harus kalian siapkan:
1. Recovery IMG / beberapa device sudah ada recovery
2. Custom ROM (sesuai dengan ponsel kalian, bisa cari refrensi di forum XDA)
3. Ponsel Android (Di sini saya akan menggunakan Lenovo A800)
4. Nyali dan doa :D

Langkah-langkah melakukan Custom Rom:

1. Pastikan sudah mendapatkan custom rom (.zip) yang sesuai dan sudah di copy di directory External Memory (ingat! bukan Memory Telepon).

2. Masuk ke recovery mod 
*beberapa ponsel Android bisa menggunakan cara: Matikan Android > Nyalakan + Tahan tombol Power+Volume +/-  . Jika tidak bisa, lakukan menggunakan MobileUncle yang bisa di unduh di PlayStore dan harus Root. Rooting bisa dilakukan dengan Framaroot.


3.  Jika sudah masuk recovery mode seperti di atas (saya menggunakan CWM Recovery), lanjut ke proses selanjutnya. Lakukan proses wipe data/factory reset.
-Arahkan ke wipe data/factory reset. Gunakan Volume +/- untuk menggeser naik turun.
-Pilih menggunakan Power Button.
-Pilih Yes -- delete all user data.
-Tunggu hingga wipe complete

4. Selanjutnya, lakukan Wipe Cache
- Pilih > Yes dan tunggu hingga wipe proses selesai (nggak lama kok gak ada 1 menit)

5. Selanjutnya lakukan Wipe Dalvik Cache . Masuk ke Advanced > Wipe Dalvik Cache.


6. Lakukan Backup dengan memilih Backup and Restore.

-Tunggu hingga proses Backup selesai(proses ini cukup lama karena akan membackup semua data + app yang sudah ada di ponsel).

7. Oke! Inilah saatnya melakukan penginstallan Custom Rom untuk ponsel kalian! Pilih Install Zip from /sdcard. Nah mengapa saya sudah menyuruh menaruh File Custom Rom (.zip) nya di External Memory? Karena hanya bisa menginstall melalui External Memory.
-Choose Zip from /sdcard
 -Cari dan pilih Custom ROM (.zip) yang telah kalian siapkan sebelumnya. Berhubung Custom ROM saya saya beri nama goldenA800rom.zip maka saya pilih file tersebut.
-Pilih dan tunggu sampai selesai

SELAMAT KALIAN SUDAH SUKSES! LAKUKAKN REBOOT!



[TUT] Cara Melakukan Custom Rom Yang Benar


Share
 
Copyright © 2016 heryandp's blog | Tech it Easy
Distributed By My Blogger Themes