Backup IMEI untuk MTK Device

Tuesday, November 4, 2014



Backup IMEI untuk MTK Device



heryan blog - Selamat datang di blog sederhana ane, kali ini ane mau share cara backup IMEI Number pada perangkat MTK / smartphone MTK. Sebelumnya ente udah tahu apa itu IMEI? Kalau belum ane mau ngasih pengertian apa itu IMEI. Simak ya :D

Tahukan anda setiap ponsel memiliki sederetan kode khusus yang unik. Kode ini dikenal dengan nama IMEI (International Mobile Equipment Identity). Format umum IMEI ini biasanya terdiri dari 15 digit kode angka. Namun pada beberapa kasus, sebuah ponsel ada yang memiliki kode IMEI lebih dari 15 digit. Biasanya yang merupakan nomor IMEI adalah 15 digit pertama, sisanya biasanya berupa kode tambahan yang ditambahkan oleh masing-masing produsen ponsel untuk keperluan tertentu.


Setiap ponsel memiliki kode IMEI tersendiri dan unik, dalam arti, tidak ada dua ponsel yang memiliki kode IMEI yang sama. Kode IMEI dari sebuah ponsel dapat dilihat dengan mengetikkan kombinasi tombol "*#06#" (tanpa tanda kutip). Kombinasi tombol ini bisa dikatakan sangat unik dan universal, karena bekerja untuk semua ponsel. Selain melihat nomor IMEI dengan menggunakan kombinasi tombol tersebut, nomor IMEI biasanya juga tercetak di bagian belakang ponsel dekat baterai. Nomor IMEI yang ditampilkan oleh kombinasi tombol dengan nomor yang tercetak di ponsel haruslah sama.

Secara umum, nomor IMEI pada sebuah ponsel dibagi menjadi empat bagian utama. Walaupun begitu, ada beberapa ponsel menuliskan IMEI menjadi satu kesatuan.
(sumber:http://mianzreload.blogspot.com/2011/05/apa-arti-imei-pada-ponsel.html)

Untuk definisi/pengertian dari IMEI udah paham kan? Ok kita ke main topic.
Di sini ane hanya berbagi backup IMEI untuk MTK Device. Contoh yang memakai chip MTK seperti Lenovo, Oppo, Cross, Evercoss, dan produk china lainnya :D .

STEP BY STEP

Step 1: Pastikan smartphone MTK agan sudah root. Download Mobileuncle Tools dari Google Play Store dan install. Buka Mobileuncle Tools dan ijinkan(grant).

Mobile-uncle-tool-app

Step 2: Setelah terbuka aplikasinya, klik IMEI backup and restore option. Pilih Backup IMEI to SDCARD(MTK) untuk menyimpan di internal. SDCARD2 untuk menyimpan di eksternal. Untuk Restore IMEI adalah menu untuk mengembalikan IMEI yang telah dibackup.

option-to-take-backup-of-your-IMEI-number

Step 3: Klik salah satu opsi Backup dan klik OK >> OK.

Verify-your-backup-file

Step 4: Setelah sukses cek dimana IMEI dibackup (tergantung agan milih lokasi nyimpennya dimana) . Hasil Backup bernama IMEI.bak .

(sumber:http://www.skyneel.com/2013/07/How-to-Backup-Restore-of-Android-phone-IMEI-No-for-MTK-device.html)



Backup IMEI untuk MTK Device


Share
 
Copyright © 2016 heryandp's blog | Tech it Easy
Distributed By My Blogger Themes